STRATEGI TERPADU PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR DI DKI JAKARTA UNTUK MENCEGAH BENCANA EKOLOGI PERKOTAAN DAN KRISIS AIR

PENULIS:
Firdaus Ali, PhD.
Badan Regulator PAM DKI, Jl. Pejompongan Raya No. 57, Jakarta 10210
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SUMMARY:
Metropolitan DKI Jakarta dengan total luas area mencapai 662 km2 dengan total populasi mencapai 9,39 juta jiwa dihadapkan pada kondisi yang sangat kritis berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air, khususnya dalam hal ketersediaan air. Setiap tahunnya, Jakarta senantiasa menghadapi ancaman banjir pada musim hujan, sementara itu hampir sepanjang waktu selalu mengalami krisis air baku  untuk keperluan air minum.  Dilihat dari aspek sanitasi lingkungan perkotaan, rendahnya tingkat penanganan limbah cair perkotaan telah memberikan dampak pencemaran yang serius terhadap badan air (air permukaan dan air tanah dangkal)  sehingga tidak memungkinkan lagi dapat dimanfaatkan sebagai (alternatif) sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang terus meningkat.  Sementara itu,  rendahnya cakupan layanan air bersih perpipaan terus mendorong terjadinya ekstraksi cadangan air tanah (sedang dan dalam) yang berlebihan dari waktu ke waktu yang mengakibatkan turunnya permukaan tanah (land subsidence) dan ancaman intrusi air laut.


Hal tersebut menunjukkan akumulasi permasalahan pengelolaan sumber daya air yang memerlukan penanganan segera secara terintegrasi dan simultan. Penanganan terhadap permasalahan krusial tersebut selama ini masih dilakukan secara parsial tanpa sistem yang  terkoordinasi dengan baik, sehingga mengakibatkan tidak tercapainya solusi yang holistik dan  berkelanjutan (sustainable). Penanganan permasalahan pengelolaan sumber daya air perkotaan tersebut membutuhkan pendekatan sistem, kebijakan/regulasi, teknolog,i dan dukungan pembiayaan. Terkait dengan upaya penanganan masalah tersebut diatas, Pemprov DKI Jakarta semenjak tahun 2007 membentuk suatu Tim Terpadu lintas instansi di DKI Jakarta untuk menyiapkan konsep stretagi dan rencana aksi untuk pengelolaan SDA secara terpadu di Wilayah DKI Jakarta. Dua (2) pendekatan terpadu yang dilakukan adalah meningkatkan cakupan layanan air bersih perpipaan melalui menurunan tingkat kehilangan air (unaccounted for water/UFW) dan penambahan pasokan air baku bersamaan dengan pembatasan ekstraksi air tanah dalam melalui mekanisme tarif (pajak air bawah tanah) dan penerapan zona zero groundwater extraction pada beberapa kawasan percontohan (pilot project).  
 
TOOL YANG DIGUNAKAN:
  • The Enabling Environment: A.1.2 & A.3.4
  • Institutional Roles: B.1.4 & B.1.7
  • Management Instrument: C.3.3, C.4.4, & C.7.1
KEYWORDS:
Air bersih perpipaan, air limbah, air tanah, iwrm, land subsidence, ufw/nrw.

LESSON LEARNED:
Studi Kasus ini mengunkapkan upaya mengatasi permasalahan pengelolaan SDA perkotaan di wilayah metropolitan Jakarta secara terintegrasi dan berkelanjutan untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi dan sekaligus dalam upaya mengantisipasi tantangan ke depan. Pendekatan yang ditempuh melalui sistem multimedia approach terlihat menghasilkan kemajuan yang signifikan dalam upaya pengendalian ektraksi air tanah dalam yang dikaitkan dengan analisa yang mendalam terhadap kondisi dan kecenderungan neraca air (water balance) Jakarta sebagai upaya optimasi sistem pelayanan air bersih yang ada. Jika pilot project IUWRM ini berhasil dan segera diimplementasikan secara (roll out) menyeluruh di seluruh wilayah DKI Jakarta, kota-kota besar/metropolitan pinggir pantai lain di Indonesia maupun di luar negeri akan bisa belajar banyak dari DKI Jakarta.

IMPORTANCE OF THE CASE TO IWRM:
Kasus upaya pengelolaan terpadu sumber daya air perkotaan di DKI Jakarta dengan melakukan pendekatan multi media (multimedia approach) ini merupakan salah satu contoh nyata dari bentuk atau upaya implementasi dari konsep IWRM (pengembangan peran institusi dan penggunaan instrumen pengelolaan) dalam upaya membantu memecahkan masalah ekologi perkotaan yang berakar pada sumber daya air.

Wednesday, 13 December 2017
Wednesday, 23 Rabi' al-awwal 1439

Login Form

Who's Online

We have 36 guests and one member online

Statistics

Articles View Hits
186671
Copyright © 2009 Kemitraan Air Indonesia. All Rights Reserved.Powered by Joomla!
Kemitraan Air Indonesia disiapkan oleh Bpiliang | Template by Joomlashine
Komp. Dep. PU Jl. Pattimura No. 20 Kav. 7 Gd. Dirjen SDA Lt. 8, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
Telp. 021-739 8604, 7396616 ext. 635 Fax. 021-739 8604
e-mail: sekretariatkai@yahoo.com